4 Tips Perencanaan Keuangan untuk Anda yang ingin membeli mobil perdana

Keinginan untuk menambah unit mobil baru tentu saja banyak diinginkan oleh masyarakat indonesia. Tetapi sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru, Anda perlu untuk mencermati kondisi keuangan dan melakukan pengelolaan budget untuk menghindari kerugian akibat memiliki kendaraan tanpa perencanaan keuangan yang matang.

 

Kali ini tim Sumber Harapan meramu artikel berisi tips untuk merencanakan keuangan untuk Anda yang ingin memiliki mobil perdana, yuk simak tipsnya:

 

1. Sediakan Dana Darurat

Dana darurat sebesar 1 hingga 5 Persen perlu Anda siapkan yang jumlahnya diambil dari Pengeluaran Bulanan, dana darurat ini diperlukan untuk mengantisipasi ketika terjadi masalah ataupun musibah yang menimpa mobil Anda. Apalagi jika mobil Anda berusia cukup tua maka akan semakin sering pula terjadi masalah pada suku cadang mobil Anda.

Misalnya saja aki mobil yang memiliki usia pakai habis masa pakainya, selain itu rem, busi, kampas kopling dan juga filter-filter adalah beberapa onderdil yang perlu diganti secara berkala sesuai dengan konsumsi kilometernya atau apabila terdapat kerusakan secara tiba-tiba.

 

2. Pastikan aset lancar Anda senilai 15%-20% dari kekayaan bersih

Dalam prinsip ekonomi, Nilai kekayaan bersih Anda secara langsung akan naik apabila Anda menambah jumlah kendaraan baru. Meskipun demikian Anda tetap harus menjaga agar rasio keuangan Anda tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan memastikan Anda memiliki aset lancar yang terus memberikan pemasukan kepada pundi-pundi keuangan Anda.

Hal ini penting dikarenakan mobil tidak saja merupakan Aset namun ia juga mengonsumsi dana yang tidak sedikit, mobil tentunya butuh biaya operasional seperti biaya bahan bakar, biaya kebersihan, biaya jasa servis ringan, servis berat dan pajak kendaraan yang harus Anda bayarkan setiap tahunnya. Itu mengapa, kepemilikan mobil menuntut kondisi keuangan yang juga ideal dengan rasio aset lancar senilai 15-20%.

 

3. Milikilah Asuransi Mobil

Risiko finansial berupa kerusakan atau bahkan kehilangan mobil adalah ancaman yang dapat diantisipasi dengan kepemilikan Asuransi. Pada dasarnya asuransi dapat melindungi risiko finansial yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Pilihan yang tersedia secara umum adalah Asuransi all risk dan total loss only (TLO). Perbedaan yang mendasar diantara keduanya adalah, asuransi All risk akan menanggung segala risiko yang mungkin terjadi, bahkan hingga baret-baret pada mobil Anda pun masih bisa dicover asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Nah, kalau Asuransi TLO pada dasarnya akan sangat berguna jika Mobil Anda hilang karena biaya pertanggungannya akan dihandle oleh Asuransi.

 

4. Sesuaikan cicilan Mobil dengan pemasukan Anda

Mencicil mobil adalah salah satu opsi yang paling umum dilakukan namun seringkali banyak yang tidak sadar dengan rasio besar-kecilnya cicilan yang harus ditanggungs etiap bulannya. Nah, salah satu cara mengukur kemampuan mencicil Anda adalah dengan mengetahui besaran Debt Service Ratio (DSR) yang dapat menunjukkan total cicilan utang berbanding pengeluaran.

Singkatnya adalah dengan memasukkan rasio cicilan maksimal adalah 35% dari total pemasukan bulanan Anda. Apabila jumlah cicilan mobil dan utang-utang lainnya yang perlu Anda bayar setiap bulannya masih di bawah 35% dari total penghasilan bulanan Anda, maka angka tersebtu masih terbilang wajar.

 

Nah, demikian tips untuk merencanakan keuangan Anda ketika memutuskan membeli mobil. Jangan lupa kunjungi dealer resmi Sumber Harapan terdekat dimana staff sales & marketing akmi siap membantu mendampingi Anda memilih mobil yang tepat untuk Anda bawa pulang.

 

About The Author

Sumber Harapan Toyota

No Comments

Leave a Reply

Hubungi Kami
1
Hallo
Ada yang bisa dibantu?