Ingin Performa Toyota Fortuner Tetap Tangguh? Simak Tips Berikut!

Mobil yang tangguh disegala medan area dan hadir dengan konfigurasi mesin 2.7 liter 4 silinder, menghasilkan torsi 175bhp dan 400Nm. Interior yang mewah dan berkelas disertai fitur-fitur teknologi Power Mode. Memiliki sistem A-trac atau kontrol traksi aktif yang berfungsi untuk mengirim torsi variabel ke roda dengan traksi maksimum sehingga roda mendapatkan cengkraman maksimal. Yups! Apalagi kalau bukan Toyota Fortuner.

 

Mobil berkelas ini memang terbilang sangat mahal, namun siapa sangka? Peminat tiap tahunnya begitu meningkat. Dengan performa yang luar biasa disegala medan area menjadi daya tarik pencinta mobil TOYOTA. TOYOTA FORTUNER memang salah satu mobil SUV (Sport Utility Vehicle)  yang terbilang gagah dan tangguh dengan mesin berteknologi diesel. Walau demikian, mobil sport ini perlu dilakukan perawatan agar komponen-komponen berfungsi secara  maksimal. Jika kurang diperhatikan atau tidak dilakukan perawatan  tentu membuat performa mobil ini menurun.

 

Disarankan bagi Anda pemilik kendaraan berkelas ini,  melakukan remainder pada bengkel resmi toyota secara berkala agar performa mesin tetap stabil. Nah, Dealer Sumber Harapan Toyota adalah rekomendasi bagi Anda pengguna Mobil Toyota tentunya. Selain menyediakan sparepart Asli, Sumber Harapan Toyota juga menyediakan teknisi  terlatih dan berpengalaman. Jadi perawatan mobil Anda tidak perlu dikhaeatirkan lagi.

 

Perlu kita ketahui bahwa perawatan kendaraan beroda empat ini tidak boleh asal-asalan sebab dikhawatirkan akan berdampak pada keutuhan mesin dan komponen-komponen lainnya sehingga performa kendaraan kurang stabil. Jadi komponen-komponen mana sih yang wajib dijaga? Dan bagaimana sih perawatan toyota fortuner dengan benar?  Simak beberapa tips dibawah ini!

 

1. Sterilkan Filter Udara

Salah satu komponen yang dapat memastikan ruang bakar kendaraan selalu steril dari debu atau kotoran lainnya ialah filter udaranya. Untuk itu, perlu kita ketahui bahwa komponen ini juga butuh perawatan. Sebelum teejadi penumpukan debu atau kotoran lain, diwajibkan untuk membersihkannya secara rutin sebab ketika ruang pembakaran steril dari kotoran akan berdampak baik pula pada performa kendaraan.

 

2. Sterilkan filter bahan bakar

Selain filter udara, filter saluran bahan bakarpun harus disterilkan.  Inilah komponen paling utama yang harus  diperhatikan.  Bagi pengguna Toyota Fortuner dengan bermesin diesel tentunya lebih beresiko penumpukan pada kotoran pada filternya sebab tekstur bahan bakar biosolar yang dipakainya.  Berbeda dengan bensin yang terbilang lebih jernih ketimbang solar. Perlu Anda ketahui bahwa Toyota Fortuner telah dilengkapi lampu indikator pada cluster instrumen yang berfungsi sebagai penanda akan kondisi saringan bahan bakar.

 

3. Perawatan Oli Mesin

Mesin merupakan jantung utama penggerak kendaraan. Semakin bagus kualitas mesin maka semakin bagus pula performa kendaaraan.  Mesin Toyota fortuner diesel relatif lebih cepat kotor.  Nah,, untuk itu,  bagi Anda pengguna Toyota Fortuner wajib melakukan perawatan pada mesin secara rutin. Batas penggantian oli mesin umumnya tiap 5000km.  Bahkan Anda juga harus selektif dalam memilih Merk Oli mesin. Pastikan bahwa oli mesin yang Anda gunakan ditandai dengan adanya kode sertifikasi API-C.

 

Selain rutin mengganti oli mesin, Anda juga harus rutin mengganti filter oli mesin minimal 3 kali penggantian oli mesin. Oli mesin sangat mudah mengantar residu kotoran mesin berupa meterial berbentuk seperti pasir. Jika tidak diperhatikan,  tentu akan membahayakan mesin Anda. Apalagi sekarang pada bengkel resmi telah memberikan pelayanan sistem reminder. Sepertu halnya di SUMBER HARAPAN TOYOTA telah menyediakan pelayanan reminder untuk pengguna TOYOTA tentunya. Jadi, perawatan kendaran Anda tetap stabil.

 

4. Panaskan kendaraan sebelum digunakan

Nah.. Hal ini kadang disepelekan oleh pengguna kendaraan dan ternyata akan berpengaruh pada stabilitas mesin. Melakukan pemanasan pada mesin Toyota Fortuner memang penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini akan memastikan mesin telah siap dalam konsumsi bahan bakar dan menghindari mesin tidak terkejut karena suplay bahan bakar yang kurang. Apalagi jika kendaraan Anda off dalam beberapa hari. Khususnya kendaraan mesin diesel diperuntukkan untuk memanaskan hingga mencapai suhu 80-90° C. Tujuan utamanya adalah menjaga sirkulasi oli ke seluruh komponen mesin dan turbo charger dapat berfungsi dengan baik.

 

5. Rutin melakukan Tune Up

Perawatan yang terakhir adalah dengan melakukan Tune Up secara berkala. Dengan tujuan agar kondisi tetap maksimal dan performa mesin tetap stabil. Tune up mobil Fortuner ialah perawatan servis ringan dalam membersihkan saluran pembakaran pada knalpot serta pada ruang mesin. Partikel-partikel yamg membandel yang menjadi salah satu faktor kendaraan mengalami gejala brebet sehingga kurang nyaman untuk digunakan. Salah satu tanda penumpukan partikel-partikel membandel adalah timbulnya asap hitam pada kenalpot mobil. Gejala ini memang tidak boleh disepelekan karna dikhawatirkan akan merusak komponen pada mesin.

 

Nah.. itulah komponen-kompinen yang penting untuk dilakukan perawatan pada mobil Toyota Fortuner khususnya bermesin diesel. Jika menginginkan pewatan yang maksimal, Sumber Harapan Toyota  adalah solusinya. Disamping menyediakan teknisi yang terampil,  Sumber Harapan Toyota  memiliki peralatan yang lengkap dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi mesin tentunya. Perawatan maksimal tentu akan menjaga stabilitas dan performa mesin pada mobil Anda. Segera kunjungi Sumber Harapan Toyota untuk menikmati layanan terbaik tentunya.

About The Author

Sumber Harapan Toyota

No Comments

Leave a Reply

Hubungi Kami
1
Hallo
Ada yang bisa dibantu?